Prediksi Pertandingan Barcelona vs Real Betis (La Liga Spanyol)

Duel antara Barcelona dan Levante di pertandingan perdana La Liga Spanyol, Minggu (18/8), di Camp Nou diyakini akan menjadi milik tuan rumah.

Mengunggulkan Blaugrana untuk memetik poin tiga di laga pembuka bukan tanpa alasan. Blaugrana mendapat hasil positif selama menjalani tur pramusim, Juli hingga Agustus. Dari enam pertandingan ujicoba, Barca hanya sekali mengalami kekalahan, versus Bayern Munich dengan skor 2-0
pada 34 Juli, ketika itu

Selepas dari duel dengan tim asuhan Pep Guardiola, Barca menggebuk Valerenga tujuh gol tanpa balas, lalu ditahan 2-2 oleh Lechia Gdansk yang sempat tertunda akibat pengunduran diri Tito Vilanova. Tiga kemenangan beruntun kemudian dibawa Blaugrana saat menghadapi Santos (8-0) di Joan Gamper Trophy lalu dua tur Asia kontra Thailand (7-1) dan Malaysia XI (3-1).

Rangkaian hasil positif ini dapat menjadi pelecut motivasi Gerado Martino mengawali debutnya di pertandingan kompetitif bersama Barca. Belum lagi sejarah pertemuan antara Barca dan Levante yang mengunggulkan tim Catalan. Sejak kalah di kunjungan pertama di Camp Nou pada 1963/63, Levante sudah tujuh kali kembali ke markas kebesaran Barca dan selalu pulang ke Valencia dengan tangan hampa. Dari pertandingan tersebut, mereka kebobolan 27 gol (3,25 per pertandingan) dan cuma berhasil tujuh kali menjebol gawang Blaugrana (0,87).

Agresivitas Azulgrana di depan gawang memang tak perlu diragukan. Sepanjang musim lalu, Barca berhasil mencetak 115 atau tertinggi dari seluruh kontestan La Liga lainnya.

Angka ini berpeluang bertambah menyusul kehadiran Neymar yang dibeli dari Santos. Sebagai penyerang masa depan, Neymar diharapkan mampu menambah ketajaman lini depan, sekaligus mengurangi perhatian bek lawan yang selama ini tertuju kepada Lionel Messi. Sejauh ini, eks Santos itu baru mencetak dua gol untuk Barca yang semuanya dilakukan saat menjalani tur Asia.

Bagaimana dengan Messi? Setelah memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu tahun kalender milik Gerd Muller tahun lalu dan menjadi topskor La Liga dengan 46 gol, Messi sama sekali tak menunjukkan penurunan rekor gol. La Pulga menyumbang lima gol sepanjang persiapan pramusim.

Sayang, kebugaran kapten Argentina untuk menjalani pekan pertama masih abu-abu. Pemain 26 tahun memang sudah menjalani latihan setelah sempat cedera beberapa waktu lalu, tapi Tata Martino tampaknya tak mau ambil risiko dengan memaksakan Messi. Dia akan menunggu hingga menit-menit akhir untuk memastikan apakah La Pulga benar-benar fit untuk diturunkan.

Meski didukung kekuatan skuat dan sejarah, Barca tak boleh begitu saja memandang sebelah mata Levante. Klub asal Valencia tengah membangun asa baru di bawah pelatih anyar Joaquin Caparros yang akan menjalani pertandingan perdana sejak dipecat Mallorca tahun lalu. Caparros cukup sibuk di lantai bursa musim panas ini, memboyong sejumlah penyerang seperti David Barral dari Orduspor, gelandang Jordi Xumetra dari Elche dan kiper Javi Jimenez dari Murcia.

Namun, eks entrenador Athletic Bilbao kemungkinan tak bisa menurunkan Ruben Garcia dan Papakouli Diop di Camp Nou karena keduanya masih mengalami masalah kebugaran.

Levante sendiri bukannya tak pernah menyulitkan Barca. Pada pertemuan terakhir di Camp Nou, tim yang ketika itu diarsiteki Tito Vilanova cuma mampu menang 1-0, itu pun harus menunggu hingga menit ke-82 sampai Cesc Fabregas akhirnya menjebol gawang Navas.

Fakta Menarik Barcelona vs Levante UD

  • Barcelona memenangkan 14 pertandingan dari 20 laga perdana di La Liga.
  • Dari tujuh pertandingan perdana La Liga di Camp Nou, lima diantaranya berhasil dimenangkan Barca, sisanya sekali kalah dan seri.
  • Enam dari delapan entrenador Barca mengecap kemenangan pada debut mereka di La Liga, hanya Pep Guardiola yang menelan kekalahan kontra Levante saat pertama kali menukangi Barca pada 2008.
  • Dengan tiga gol dan dua assist dalam 195 menit, Cesc Fabregas secara langsung terlibat dalam satu gol di setiap 39 menit pertandingan selama pramusim.
  • Barcelona memenangkan seluruh 15 laga kandang di La Liga.
  • Dari tujuh pertemuan melawan Levante di Camp Nou, Barcelona berhasil memenangkan semuanya. 
  • Enam dari tujuh laga terakhir di La Liga, Levante mencetak rata-rata gol di bawah 2,5.
Perkiraan Line Up

Barcelona
Victor Valdes
Alves, Pique, Mascherano, Alba
Xavi, Busquets, Iniesta
Pedro, Alexis, Neymar

Real Betis
Navas
Lopez, Vyntra, Navarro, Juanfran
Higon, Iborra
Rios, Zhar, Jason
Barral

Live Streaming Disini (link Aktif ketika Pertandingan dimulai, Pukul 24.00 - 19/8/13)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...