Gareth Bale 'Cermin' Cristiano Ronaldo

Kepindahan Gareth Bale tinggal menunggu waktu meskipuin pelatih Andre Villas-Boas mengklaim bintang Wales itu tidak akan dijual. Klaim arsitek muda Tottenham Hotspur tersebut seolah tidak berarti karena pertemuan antara ketua umum Daniel Levy dan presiden Los Blancos Florentino Perez sedang digagas pertengahan pekan ini di Miami.

Bale kemungkinan besar akan terlibat dalam sebuah transfer raksasa senilai €115 juta atau bahkan lebih. "Bale dilahirkan untuk bermain bersama Real Madrid," klaim Perez di awal musim panas. Ok, tapi
di posisi apa?

Bale dikenal sebagai pengagum berat Cristiano Ronaldo hal ini pernah diperlihatkan pemain Wales tersebut di Twitter. "Hat-trick lainnya diciptakan Ronaldo! Saya rasa dia pemain all-round terbaik di dunia. Ballon d'Or 2013!" Kicau Bale setelah Cristiano mengemas tiga gol ke gawang Celta Vigo di Copa del Rey Januari lalu, hanya beberapa hari setelah bintang asal Portugal tersebut gagal menyabet penghargaan individual prestisius tersebut.

Posisi Bale, kekuatan, kecepatan dan kehebatannya dalam menembak bola dari jarak jauh membuatnya sering dibandingkan dengan Ronaldo. "Dia Cristiano Ronaldo kami," kata Villas-Boas musim lalu.

Pekan ini mantan presiden Marid Ramon Calderon mengatakan keinginan klub mendatangkan Bale sebagai antisipasi kepergian Ronaldo. "Saya pikir presiden dan jajaran direksi klub sedang bersiap-siap Cristiano tidak mau meneken perpanjangan kontrak. Ini pendapat saya," ungkapnya.


Tetapi kenyataannya Ronaldo kian dekat dengan kesepakatan kontrak baru. Kabar terkini menyebutkan kesepakatan kontrak anyar hingga 2018 telah tercapai dan pelatih Carlo Ancelotti meyakini kedua bintang itu bisa bermain bersama sejak menit pertama. Ancelotti memang melakukan eksperiman dengan menempatkan Ronaldo sebagai striker di pramusim tetapi dia juga menyatakan Ronaldo akan bertahan di posisi kegemarannya. "Cristiano harus merasa nyaman, dia pemain penting. Saya tidak perlu mengubah posisinya dan dia tidak perlu bekerja terlalu keras membantu pertahanan. Ronaldo harus berada di posisi ketika tim menguasai bola."

Sulit rasanya mengamini Ancelotti hanya akan menggunakan satu formasi, setidaknya masih ada tiga skema lainnya yang bisa diterapkan yaitu 4-3-3, 4-2-3-1 atau 4-3-2-1 dengan Ronaldo sebagai penguasa sektor kiri lapangan seperti musim lalu bersama Jose Mourinho.

Bale mengawali karir sebagai bek kiri namun sering juga beroprasi lebih ke depan mengambil tugas pemain sayap. Full-back di La Liga biasanya mendapat peran dominan membantu serangan seperti yang sering diperlihatkan Marcelo dan Dani Alves. Setelah menyaksikan performa impresif Bale pada 2010 di San Siro, legenda Spurs Glen Hoddle berpendapat: "Di Barcelona atau Real Madrid Bale bisa menempati posisi full-back karena di Spanyol posisi itu lebih condong sebagai bek sayap."

Meski demikian, performa terbaik Bale bersama Spurs dan Wales justru terlihat ketika didorong ke depan. "Fans Real Madrid akan dimanjakan bayangan memiliki Bale dan Ronaldo dalam satu tim. Bersama mereka Madrid bisa mencoba menguasai dunia lagi," imbuh Hooddle pekan lalu. Cukup jelas bahkan Hoodle tidak memikirkan Bale disimpan di sektor pertahanan.

Fans Real Madrid akan dimanjakan bayangan memiliki Bale dan Ronaldo dalam satu tim. Bersama mereka Madrid bisa mencoba menguasai dunia lagi.

Jika dibutuhkan, Bale bisa dimainkan di belakang, tetapi Madrid pastinya tidak merogoh kocek €100 juta untuk seorang full-back. Di Bernabeu, Gareth pasti memegang peranan yang lebih penting. "Saya tidak tahu di mana Bale akan disimpan. Tetapi dengan uang sebesar itu dia pasti di tim utama," ujar mantan bek tengah Madrid dan Spurs Jonathan Woodgate. "Serangan yang mengerikan: [Karim] Benzema, Bale, Cristiano Ronaldo," tambahnya.

Tentu saja menakutkan dan Woodgate sebenarnya bisa menambahkan nama lainnya seperti Isco, Mesut Ozil dan Kaka. Ketiga pemain tersebut tampil sempurna jika disimpan di lini tengah sebagai playmaker yang berarti sedikit tertutup peluang Bale disimpan di belakang striker (Benzema) meskipun dia bisa memainkannya dengan baik di White Hart Lane.


"Bale akan menjadi starter yang tak tergantikan di Madrid, bersama Cristiano, Bale akan dikenang sebagai penghuni penyerangan paling impresif di dunia," ungkap seorang sumber Madrid pada Goal. "Di mana Bale akan bermain tergantung pada Ancelotti, tetapi bersama Cristiano selain bisa menghadirkan ancaman langsung pada gawang. Dengan kecepatan dan kekuatan yang dimiliki, mereka juga bisa mengiris pertahanan lawan membuka peluang bagi pemain lainnya. Visi Florentino adalah menciptakan Cristiano di satu sisi, dan Bale di sisi lainnya."



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...