Sejarah Hari Ini (6 Juli): Cristiano Ronaldo Diperkenalkan Real Madrid

Pada hari ini, empat tahun silam, Santiago Bernabeu penuh sesak oleh fans Real Madrid. Padahal tak ada jadwal pertandingan dilangsungkan di hari itu.

Setidaknya sekitar 80,000 fans Real Madrid hadir di stadion untuk menyapa pemain yang setahun sebelumnya berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo.

Ya, Ronaldo menjadi pemain yang mendapat sambutan luar biasa itu, setelah memastikan
bergabung dari Manchester United dengan nilai transfer 80 juta poundsterling.

Ketertarikan Real Madrid sudah ada sejak Maret 2007. Tapi Manchester United masih tak bersedia melepasnya dan malah memperpanjang kontraknya hingga lima tahun dengan nilai kesepakatan mencapai 31 juta pounds.

Baru di tahun berikutnya Real Madrid lebi ngotot untuk mendatangkannya. Dan pada 11 Juni 2009, kedua klub mencapai kata sepakat soal transfer. Real Madrid harus menebus kontrak Ronaldo dengan nilai 80 juta poundsterling. Ronaldo juga menandatangani kontrak enam tahun dengan nilai 11 juta euro per musimnya.

Dan untuk menunjukkan kesuksesan Real Madrid mendatangkan Ronaldo, dihelat pesta penyambutan di Bernabeu. Ada panggung didirikan dan para legenda Real Madrid pun berdatangan, seperti Hugo Sanchez dan Alfredo Di Stafeno.

80,000 lebih fans pun memberikan sambutan antusias kepada bintang anyar mereka itu. Semua menyambut meriah ketika Ronaldo muncul dari ruang ganti dan melambaikan tangan kepada mereka.

Jumlah fans yang hadir di stadion dalam acara penyambutan kabarnya melebihi ketika Diego Maradona diperkenalkan sebagai pemain Napoli dari Barcelona pada 1984. Konon kabarnya, pada saat itu sekitar 75,000 pendukung menyambut legenda Argentina tersebut.

Yang hebat lagi, perkenalan Ronaldo sebagai pemain Real Madrid disiarkan langsung oleh dua stasiun televisi di dua negara, yaitu RTVE di Spanyol dan RTP di Portugal.

Dan sambutan luar biasa tersebut dibayar lunas oleh Ronaldo. Di musim pertamanya membela Real Madrid, ia mencetak 33 gol. Real Madrid dibawanya menduduki peringkat dua La Liga dengan 96 angka, menembus babak 16 besar Liga Champions dan hanya bisa sampai di babak 32 besar di ajang Copa Del Rey.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...