Tito Vilanova Mengundurkan Diri dari Barcelona

http://ligafifaspanyol.blogspot.com/
Tito Vilanova disebut-sebut akan meninggalkan kursi pelatih Barcelona karena penyakit kanker yang menyerangnya kambuh.

Vilanova kabarnya mengalami relapse atas penyakit kanker yang dideritanya. Presiden klub Sandro Rosell dan direktur olahraga Andoni Zubizareta pun secara mendadak mengundang media dalam konferensi pers, Jumat (19/7) waktu setempat, untuk mengumumkan perihal itu.


Pelatih 44 tahun sebelumnya menjadi asisten Pep Guardiola di klub Barcelona B sebelum keduanya menangani tim senior dan menikmati kesuksesan sepanjang 2008 hingga 2012. Vilanova pun menggantikan Guardiola yang memilih melanjutkan karir di luar Spanyol.

Vilanova mengantarkan Blaugrana menjuarai Liga Spanyol sekaligus menyamai rekor Real Madrid yang berhasil mengumpulkan 100 poin pada satu musim perhelatan La Liga Spanyol.

Hingga saat ini, duet Jordi Roura dan mantan pelatih Girona, Rubi (yang didatangkan awal Juli) disinyalir akan menggantikan Vilanova dalam jangka pendek. Sementara itu, selama beberapa pekan ke depan,  Barca juga akan mempelajari peluang untuk mendatangkan pelatih papan atas.

UPDATE: Rumor itu menjadi kenyataan ketika presiden Rosell naik mimbar konferensi pers dan menyampaikan pengumuman dengan nada muram.

"Kami mengumumkan sesuatu yang tidak diinginkan sama sekali. Setelah mengkaji kondisi kesehatan Tito, dipastikan dia harus menjalani perawatan yang membuatnya tidak bisa menjalani tugas di bangku cadangan," tukasnya.

"Hidup terus berjalan dan ini menjadi sebuah pukulan buat Barcelona, tapi kami sudah berulang kali diterpa pukulan dalam sejarah dan kami selalu mampu bangkit. Tidak terkecuali hari ini."

Barcelona membatalkan rencana uji coba di Gdansk, Polandia, Sabtu. Sementara, pelatih pengganti baru akan diumumkan oleh wakil presiden Josep Maria Bertomeu dan direktur olahraga Andoni Zubizaretta pekan depan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...